ijonk 4 mini

Seumpama Senja

Seumpama senja, aku hanyalah senjasenja patah di langit tua, begitu sulit menghilang dari langit. Seperti aku yang sakit kehilangan wajahmu meski sedikit. Apalagi kau lepas tak terkait, perih adalah nafasku. Dan senja dengan merahnya resah, tertatih antara lagu yang kehilangan nada dan suara, bernyanyi sepi menghantar sunyi. Semacam itulah aku menunggu suaramu, seakan dunia adalah fana, terkecuali sekali kau sebut namaku, cukuplah aku beranjak.

Aku akan selamanya meniti sepi ini sendiri, merekam malammalam juga merapikan alasanalasan, sebab gila olehmu lahir tanpa pertanyaan juga jawaban. Merapikan percapakan kemarin, yang kau dan aku belum sempat mengakhirinya dengan keheningan.

Seumpama langit, kau itu semacam langit yang sedikitsedikit berganti warna, begitu sempit waktuku mengerti dirimu. Dari banyak yang tak terduga, kaulah mungkin makna terujung dari ketidakpastian. Ketika langit memberi awan tanpa hujan, penantian menjadi harapan tak bertuan. Pun langit berikan hujan tanpa awan, tibatiba saja semua serba prahara, duka dan bahagia terbungkus harapan yang pupus.

Haruskah aku jadi malam, hanya merindu tanpa ada yang dituju. Ataukah menjadi siang, berlamalama menyiapkan kenangan tanpa harapan. Maka biarlah aku menyimpan sedikit air matamu yang pernah membasah di bajuku. Meski melupakanmu adalah kebebasan. Aku ingin menempatkannya sebagai kebebasan tersempit. Mengingatmu mungkin aku sakit, tapi melupakanmu semacam menjepit aorta di jantungku

Biarlah aku menjadi senja, yang lahir di batas takdir di ujung nasib. Memiliku mungkin adalah nasib, tapilah mencintaimu adalah takdir yang tak berhenti meski doaku padamu telah berubah arah.

Pada akhirnya cinta memang tak harus memiliki, ketika senja menua dan langit sakit, pasrah dan kalah berada di ruang hatimu.

Tapilah langit masih belum sakit, dan senja tak pernah tua. Jadilah cinta tetaplah harus dimiliki, sebab ia musti dijaga dan dihiduphidupkan.

//

“aku seumpama senja

dan aku memilih sakit”


 

7 Comments

  • nona June 9, 2016 Reply

    Keren banget aih pemilihan kata2nya izin share yaaa

    • ijonk June 13, 2016 Reply

      Silakan 🙂

  • x June 20, 2016 Reply

    Bang ijonk sy suka baca tulisannya jg di tumblr. Wah, sy ngefans sm tulisannya.

    • ijonk June 20, 2016 Reply

      Terima kasih, sayangnya saya sudah lama tida aktif di tumblr nih, hehe
      ini juga dalam rangka merapikan tulisan tulisan baru juga lama

  • Siti Hardiyanti Basri September 13, 2016 Reply

    Good, love it kak

  • nur zannah September 21, 2016 Reply

    Keren ka ijonk..❤

  • yulinar September 22, 2016 Reply

    Bgtu mnyentuh.sya sngat mnyukai tlis2anny mas

Leave a Reply